Get snow effect
inidiablog-nya -_-"

Promosikan Halaman Anda Juga

Senin, 05 Maret 2012

Perbedaan Kekuasaan dan Wewenang



Kekuasaan
Power sering diartikan sebagai kekuasaan. Sering juga diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak yang digunakan untuk memengaruhi pihak lain, untuk mencapai apa yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan. Menurut
Max Weber dalam bukunya Wirtschaft und Gesselshaft menyatakan, kekuasaan adalah kemampuan, dalam suatu hubungan sosial, untuk melaksanakan kemauan sendiri meskipun mengalami perlawanan. Dan oleh pernyataan tersebut, banyak para ahli yang menjadikannya rujukan, seperti Harold D. Laswell dan A. Kaplan.

Kewenangan
Kewenangan (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.



Power (kekuasaan) dan authority (wewenang) saling terkait; power = informal authority, authority = legimate power

Nah !!! , perbedaannya adalah Power / kekuasaan tidak membutuhkan legitimasi sedangkan authority / wewenang membutuhkan legitimasi dan membutuhkan power. Authority merupakan hak untuk memanipulasi atau merubah orang lain.


Referensi dari blog http://rian-ardhie.blogspot.com/2010/09/pengertian-dan-perbedaan-kekuasaan-dan.html dan telah di editing oleh Arif Prayogo 11110079

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus

dimana yaaaa ni blog?????