Get snow effect
inidiablog-nya -_-"

Promosikan Halaman Anda Juga

Sabtu, 12 Maret 2011

cara menggabungkan array dengan record

Misalnya anda diperintahkan untuk membuat program untuk menentukan total nilai dari beberapa orang mahasiswa (dalam contoh berikut ini ada 5 orang mahasiswa), dimana anda akan menginput data untuk masing-masing mahasiswa yakni : Nama, Nilai Fisika, Matematika, Kimia dan Biologi. Dimana dari nilai-nilai yang anda masukkan tersebut anda akan diminta untuk menentukan nilai total untuk masing-masing mahasiswa.


Dalam hal ini kita akan menggabungkan ARRAY dengan RECORD agar kita tidak perlu menggunakan banyak variabel yang mungkin akan membuat kita bingung dengan program kita sendiri. Langkah-langkah yang akan kita lakukan adalah :
  1. Membuat sebuah RECORD dengan nama NilaiMahasiswa.
  2. Membuat variabel berupa Array dari NilaiMahasiswa(Record).
  3. Memasukkan data-data mahasiswa yaitu Nama dan Nilai-nilai.
  4. Membuat operasi untuk menghitung total nilai (didalam perulangan).
  5. Menampilkan data-data tersebut, termasuk total nilai yang sudah didapat untuk masing-masing mahasiswa.
Karena listing program'nya cukup panjang, maka tidak saya masukkan pada halaman ini, tetapi anda dapat download disini. Silahkan anda pelajari dan modifikasi program tersebut sesuai dengan data yang anda perlukan. Jika misalnya anda diminta untuk memasukkan data untuk 100 orang mahasiswa, maka anda hanya perlu mengubah nilai perulangan pada variabel ( I ), dimana setiap perintah [For I:=1 To 5 Do] menjadi [For I:=1 To 50 Do]. Silahkan juga modifikasi perintah yang lain agar anda semakin mengerti dengan perintah-perintah pada Turbo Pascal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dimana yaaaa ni blog?????